ada-apa-dengan-real-madrid
LIGA SPANYOL

Ada Apa Dengan Real Madrid ?

Berita Bola Spanyol – Zinedine Zidane, sebagai pelatih kepala Madrid, adalah sumber dari segala pertanyaan ini. Dua kali Pertarungan taktiknya membuat Madrid menelan pil pahit. Yang sedikit menguntungkan Madrid, Sabtu (21/1/2017) mendatang, lawan yang akan mereka hadapi “hanya” sebatas Malaga, yang dalam tujuh pertandingan terakhirnya di semua kompetisi tidak pernah meraih kemenangan.
Kendati begitu, melihat bagaimana Zidane dua kali melakukan kesalahan taktikal, ada baiknya ia tidak kembali melakukan “aksi bunuh diri” pada pertandingan pekan ke-19 La Liga tersebut. Ada baiknya Zidane mengingat baik-baik bahwa dirinya bukanlah keledai. Pada laga melawan Celta, Zidane berpikir terlalu jauh. Ia menempatkan salah satu gelandang andalannya, Casemiro, terlalu maju ke depan hingga seolah-olah pemain asal Brasil itu tampak seperti gelandang serang.

Di FC Porto dulu, Casemiro memang sempat memainkan peran sebagai gelandang box-to-box. Oleh karenanya, pilihan Zidane untuk sedikit memajukan posisi Casemiro tidaklah mengherankan. Maksud Zidane menempatkannya lebih ke depan adalah untuk menjauhkannya dari pressing para pemain lawan. Tetapi, keputusan tersebut justru meninggalkan lubang di depan lini belakang Madrid. Imbasnya, Celta, yang justru tidak melakukan pressing tinggi, justru bisa memukul balik Madrid manakala ada kesempatan.
Overthinking sejatinya bukanlah wujud asli Zidane. Kendatipun dikenal sebagai orang yang amat gemar bermain dengan trik-trik indah dan mengolah bola dengan anggunnya ketika masih menjadi pemain, Zidane tidak lantas jadi orang yang cupat dan berpikiran sempit kala menjadi pelatih.Pada beberapa kesempatan, pria asal Prancis itu menunjukkan bahwa ia bisa berlaku pragmatis; memanfaatkan apa yang dimiliki timnya dan membuat taktik berdasarkan kecocokan materi skuatnya.
Ambil contoh pada musim perdananya menjadi pelatih Madrid, kala Madrid bertanding menghadapi Barcelona di Camp Nou. Zidane, waktu itu, enggan meladeni pertarungan di lini tengah yang sudah pasti akan menjadi keunggulan Barca. Alih-alih ngotot memaksakan bertarung menggunakan bola-bola pendek lewat tengah, ia memilih memainkan bola-bola direct langsung ke depan. Toh, ia punya pemain-pemain seperti Cristiano Ronaldo ataupun Karim Benzema, yang bisa dengan mudah menjadi target sasaran.

“Dua kekalahan beruntun. Ada sesuatu. Kami tidak tahu bagaimana caranya menghadapi pertandingan-pertandingan itu dengan benar. Kami akan melewati ini bersama-sama,” ujar Zidane

 

Ada Apa Dengan Real Madrid ? was last modified: by

Comments

comments